Thursday 24 October 2013

Di atas rata-rata

Pelaut yang ulung adalah pelaut yang biasa berlayar di lautan yang bergelora, bukan di lautan tenang. Untuk menjadi orang yang suksers dibutuhkan usaha yang luar biasa, bukan usaha yang biasa-biasa saja. Untuk menjadi atlet yang hebat latihannya harus di atas rata-rata. Untuk menjadi muslim mu'min yang tinggi derajatnya harus melakukan ibadah di atas rata-rata. Jangan sama dengan rata-rata.

Memang seperti itu, jika kita ingin menonjol daripada orang lain berarti kita harus memiliki kelebihan. Kelebihan itu bisa berupa apa saja, baik berupa ilmu, pengetahuan, atau keterampilan. Untuk memiliki kelebihan itu tentusaja tidak mudah. Harus diawali dengan usaha atau latihan yang lebih pula. Saya di sini hanya memberikan contoh-contoh saja, karena saya tidak pandai dalam menjelaskan sesuatu, apalagi yang sifatnya teoritis. Untuk menjadi penulis terkenal dibandingkan penulis lain pasti diperlukan latihan menulis dulu. Tetapi jika latihan kita sama dengan yang dilakukan orang lain, maka hasil kita pun akan sama dengannya. Tetapi jika kita menulis lebih banyak dari oranglain, promosi lebih banyak dari orang lain, dan memiliki jaringan yang lebih banyak dari orang lain kemungkinan kita akan lebih terkenal daripada orang lain.

Demikian juga dalam hal beribadah. Ibadah yang baik harus dilakukan dengan benar. Sedangkan kita tidak akan mengetahui kebenaran tetnang ibadah yan kita lakukan apabila kita tidak tahu ilmunya. Oleh karena itu orang yang lebih banyak belajar dan mempraktekkannya itulah orang yang lebih baik baik ibadahnya. Di suatu waktu saya pernah menebmukan orang yang beribadah tanpa tahu ilmunya. Bahkan saya mengalami sendiri. Dulu saya suka melaksanakan shalat sunnah rawatib. Tapi saya melakukannya tanpa mengatahu apakah yang saya klakukan itu benar atau tidak. Hingga akhirnya saya tahu bahwa tidak ada shalat sunnah setelah shalat ashar. >__< .  Di lain waktu saat saya hendak melakukan shalat ashar, waktu itu baru selesai adzan dan mu'adzin langsung qomat padahal masih di awal waktu. Saat itu salah seorang jama'ah berkata pada mu'adzin seharusnya jangan qamat dulu karena dia mau melaksanakan shalat sunnat. Tapi mu'adzin itu 'nyeletuk' bahwa tidak ada shalat sunnah sebelum ashar. wkwkwk. Kebalikan dari saya.
nb : ternyata ini ikhtilaf, jadi mungkin aja mu'adzin itu gak tahu bahwa ada pendapat yang mengatakan bahwa shalat sunnat  ashar itu ada. sama kaya saya, nggak tahu..>__<

Contoh lainnya adalah dalam melaksanakan shalat tahajud. Banyak yang menjelaskan bahwa sepertiga malam terakhir adalah waktu terbaik untuk tahajud, tetapi untuk orang yang tidak tahu mungkin bisa saja dia melaksanakan shalat tahajud di sepertiga awal atau sepertiga tengah malam. Walaupun begitu, mereka lebih baik daripada yang tidak melakukan shalat tahajud. Jadi, bagi yang mau belajar pasti tahu, bagi yang tahu mendapatkan keutamaan. Bagi yang mau melakukan juga lebih baik daripada yang tidak melakukan.

Begitu juga dalam hal lain. Misalnya peningkatan visitor blog. Ada sebuah cara yang sudah umum, yaitu blogwalking. Saya menyaksikan sendiri bahwa pemilik blog yang LEBIH rajin blogwalking maka visitornya pun leibh banyak dan itu berdampak pada pendapatnnya karena banyak yang beriklan di blog itu. Jadi untuk bisa sukses itu memang harus DI ATAS RATA-RATA.

-Tulisan ini juga cuma hasil materi yang saya tangkap dari penjelasan Prof. Adang. Susah memang menuangkan ide ke dalam tulisan. Tapi biarlah.
5 Jurnalnya Andre: Di atas rata-rata Pelaut yang ulung adalah pelaut yang biasa berlayar di lautan yang bergelora, bukan di lautan tenang. Untuk menjadi orang yang suksers dibut...

6 comments:

  1. betul kang, kalau ingin lebih, maka kita harus berbuat lebih juga ^_^

    ReplyDelete
  2. ketika orang masih merangkak, kita sudah berjalan. Ketika orang sudah berjalan, kita sudah berlari
    Mantap kang tulisannya, lanjutkan!

    ReplyDelete
  3. makasih untuk temen-temen yang udah menyempatkan komen di sini... :)

    ReplyDelete
  4. Di atas rata-rata, saya gak pernah kepikiran kesana. Cuma ingin menjadi lebih baik, kalau bisa lebih baik dari yang disekitar saya dulu (eh, sama ya?) :D

    Ndre, kalau sunnahnya sholat sebelum ashar memang ikhtilaf tau! Ada yang bilang ada, ada juga yang meniadakan. Sama seperti sholat isyroq dan sholat taubat

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, gitu ya mbak?? andre gak tahu... >__<
      ya udah andre edit ya...

      Delete

< >