Thursday 19 September 2013

Latihan

Latihan. Saya seorang mahasiswa di sebuah program studi pendidikan olahraga. Tetapi tidak hanya teori pendidikan yang saya dapat, tetapi juga teori pelatihan. Bingung memang. Saya coba untuk menerima saja apa yang dikatakan dosen. Setelah diterima barulah saya telaah sendiri.
Menurut dosen saya yang sudah menyandang gelar profesor, latihan ada batasannya. Batasan latihan adalah memberikan beban yang cukup berat, tetapi tidak terlalu berat juga tidak terlalu ringan. Dosen saya itu adalah mantan atlet panahan. Beliau juga sedikit menerangkan alasan mengapa pola latihan yang baik itu tidak selalu menanjak, tetapi lebih menyerupai ombak (wave-like).

Ah. Saya sedikit mulai paham bagaimana prinsip latihan. Saya pun mulai mengerti dalam hati mengapa Allah azza wa jalla tidak memberikan cobaan diluar kemampuan hambanya. Saya juga mengerti mengapa manusia dianggap imanya telah meningkat jika ia mampu melewati cobaan itu. Tambah lagi dengan pola wave like yang terus ke atas itu saya tahu mengapa iman seseorang tidak selamanya naik, tapi kadang turun.

Yah, anggap aja saya lagi nyambung-nyambungin. Terserah anda. Yang jelas buat saya, semua isi dalam Al Qur'an masuk akal.
5 Jurnalnya Andre: Latihan Latihan. Saya seorang mahasiswa di sebuah program studi pendidikan olahraga. Tetapi tidak hanya teori pendidikan yang saya dapat, tetapi jug...

No comments:

Post a Comment

< >