Saturday 14 September 2013

Khutbah yang sesuatu banget

Kemaren tuh ya, bener-bener pengalaman nyaksiin khutbah terdahsyat daripada khutbah-khutbah yang sebelumnya. Artinya khutbah yang sebelumnya juga dahsyat-dahsyat tapi yang kemaren itu terdahsyat. Kemaren andre ikut shalat jum'atnya di masjid Al Hidayah, deket baltos.
Nah, di gambar ini ada posisi baltos, masjidnya itu ke bawah dikit lah..
balubur town square
Di awal khutbah, khatib nyampein "innamal mu'minuuna ikhwatun", gitu. Nah, lanjut deh pak khatib menyampaikan tentang silaturrahim. Mulai dari asal katanya hingga fenomena silaturrahim di masyarakat. Tadinya andre anggap biasa aja, tapi... tapi... tapi... (mulai tegang nih).

Tapi saat khatib mulai mengaitkan fenomena itu dengan kondisi umat islam sekarang baru deh andre ngerasa nggak boleh melewatkan kesempatan bagus ini.

Khatib bilang setelah bulan puasa itu orang-orang biasa bersilaturahmi dengan para tetangga tapi mereka nggak tahu hakikat dari silaturahmi. Umat islam sekarang ini kurang bersatu kurang solidaritas hingga akhirnya umat islam sekarang adalah golongan kelas tiga. Dari sisi ekonomi, yang jadi orang kaya itu non muslim, dan orang islam kebanyakan jadi orang miskin. Dari sisi pendidikan, sekolah-sekolah non muslim itu megah, sekolah muslim banyak madrasah yang karpetnya bau apek, buku iqro sobek, pengajarnya gak kebayar (disisi lain juga ada sekolah islam yang mahal, ini cuma satu sisi aja). Dari segi politik, padahal umat islam udah punya sumber hukum otentik, jelas dan universal yaitu Al Qur'an dan Hadits, tapi kita masih pake hukum warisan belanda, itulah KUHP, Belandanya udah ninggalin indonesia sejak 68 tahun lalu, tapi hukumnya masih dipake. Selain itu dari segi pemerintahan juga kita pake sistem yahudi, yaitu demokrasi. Di demokrasi yang menang itu suara terbanyak, gak peduli suara itu buat orang bener atau salah, asal punya kuasa, punya uang dia bisa menang. Di islam kita pake musyawarah, yang terbaiklah yang akan memimpin. Banyak orang yang nggak bener, tapi karena punya uang mereka akhirnya jadi pemenang. Akibatnya banyak pemimpin negeri ini yang gak bener.

Waw... super  banget khutbah ini, andre lihat orang di sebelah andre bener-bener lagi nyimak khutbah itu. Andre ada di lantai dua, jadi yang khutbahnya gak keliatan, walaupun begitu  karena khatibnya semangat banget, jadi tetep aja khutbahnya nancleb. Jleb! gitu.

Di khutbah kedua ternyata khutbahnya lebih lama. Di awal dia cerita tentang lebah dulu, bukan tentang gimana lebah ngerespon pengganggu, tapi tentang kerja lebah. Lebah itu spesial banget, mereka punya job desc masing-masing (khatibnya pake bahasa inggris, keren kan!). Ada ratu yang tugasnya bertelur, ada pekerja, ada prajurit tapi intinya satu buat menghasilkan madu. Nah seharusnya muslim sekarang bisa gitu. Bagi-bagi tugas tapi tetep tujuannya keridhaan Allah azza wa jalla. Gubernur punya kuasa harusnya ngajak rakyatnya buat ngemakmurin masjid. Pemilik baltos punya duit coba nyumbang 50 juta mah, pasti masjid makmur, Al Quran rapi, karpet bagus, jamaah sejahtera. Ibu-ibu bisa dapet pahala walaupun gak ikutan shalat jum'at, coba nyiapin makanan buat jama'ah, biar begitu jama'ah bubar gak usah ngeluarin duit buat makan, itu bisa jadi pengiritan. Tentara atau polisi bisa dapet pahala dengan melindungi masyarakat bukan malah nangkepin kyai. Jadi semuanya bisa dapet pahala, bisa dapet keridhaan Allah tapi dengan cara yang berbeda-beda.

Kalo ukhuwan terjalin lewat silaturahim nggak akan ada orang susah. Misal ada warga yang keluarganya sakit dan perlu pengobatan, biaya mahal 50 juta, kalo jama'ah bersatu mah satu orang nyumbah 100 ribu aja 500 orang aja udah ketutup tuh biaya, misal diantara jamaah ada orang puskesmas atau orang dinkes bisa ngebantuin ngasih surat keringanan, uang sumbangan 50 juta itu jadi lebih. Dan contoh-contoh lainnya yang nggak saya ingat dengan baik. Intinya mah khutbahnya keren banget.

Alhamdulillah yang telah menuntun saya untuk shalat di masjid itu. Saya jarang netep kalo shalat jum'at, sukanya pindah-pindah. Shalat jum'at sebelumnya saya laksanakan di masjid di Badan Geologi, itu juga super sekali khutbahnya padahal cuma tentang surat Al Kautsar, surat pendek cuma tiga ayat, tapi maa syaa Allah barakallahu, dahsyat banget.

Khutbah jum'at depan tentang apa ya??? penasaran. Allahu a'lam
5 Jurnalnya Andre: Khutbah yang sesuatu banget Kemaren tuh ya, bener-bener pengalaman nyaksiin khutbah terdahsyat daripada khutbah-khutbah yang sebelumnya. Artinya khutbah yang sebelumnya...

No comments:

Post a Comment

< >