Friday 12 September 2014

Ukhti


Haha.. Sedikit flashback ke belakang.
Dulu saya sempat heran dan bingung waktu baca sampul buku kakak saya, di situ ada nama temen-temennya. Tapi, setiap nama di situ diberi awalan akh, atau ukh. Malah pernah suatu waktu pas saya lagi di lapang tenis sama kakak, di jalan ada perempuan berjilbab lebar lagi lewat. Trus si kakak nyuruh saya gitu buat teriak "Ukhti..." gitu, ya udah saya teriak aja. Saya pikir nama perempuan itu ukhti. Hingga akhirnya saya tahu bahwa akhi, ukhti itu sebutan buat saudara muslim. Umumnya sebutan ini dipake di kalangan partai anu. Gitu pemahaman saya waktu itu.

Sejak kuliah, pemahaman itu mulai hilang. Karena ternyata sebutan seperti itu nggak khusus buat partai anu. Banyak aktivis kampus yang pake sebutan itu.

Jaman awal-awal kuliah adalah jaman saya masih diliputi aura jahat. Wakakaka...
Ya waktu itu, saya masih sering iseng cari kenalan. Tapi bukan kenalan secara langsung juga sih. Saya yang baru ngerasa bisa bebas melihat dunia lewat internet jadi orang yang kecanduan. Saya masih ngalamin jamannya Friendster. Dari friendster aja entah berapa akhwat yang saya add. Waktu berjalan hingga friendster pun tenggelam oleh Facebook.

Aura jahat masih menyelimuti diri saya. Saya search pengguna FB yang kuliah di kampus yang sama, hingga akhirnya saya berteman dengan satu akhwat. Saya yang waktu itu masih awam banget dan pengen sok islami nyapa dia dengan sebutan "ukhti". Ternyata dia gak suka disapa gitu, dia pun negur dan bilang "cuma teman dekat dan sesama akhwat yang boleh nyebut ukhti". Sejak saat itu saya jadi lebih sering pake istilah "akang-teteh" daripada "akhi-ukhti" untuk bertegur sapa dengan teman-teman di kelompok apapun. Sekarang pun kalo ada yang nyapa dengan sebutan khi, akh, atau akhi, saya balas sapaannya dengan sebutan teteh atau akang.

Untung saja ada yang negur, kalo ga ada yang negur, mungkin sampai sekarang saya masih diliputi aura jahat itu dan saya pasti masih jadi orang iseng yang demen nge add akun akhwat.
5 Jurnalnya Andre: Ukhti Haha.. Sedikit flashback ke belakang. Dulu saya sempat heran dan bingung waktu baca sampul buku kakak saya, di situ ada nama temen-temenny...

No comments:

Post a Comment

< >