Friday 8 November 2013

Jakarta 6 Nov 2013

Wuaaaww.. UNJ.
Hari ini saya lagi jadi orang asing dikampus orang lain. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta bro... Begitu turun dari mobil travel, rombongan langsung menuju tempat pelaksanaan konferensi nasional. Saya berjalan melewati para mahasiswa UNJ seolah-olah mereka adalah mahasiswa UPI.

Ada yang beda. Ya iyalah beda. Di UNJ mahasiswa yang 'jelas' penampilan islaminya jarang banget. Beda sama UPI. Di sana nemu mahasiswa 'dengan jaket berlambang palestina' cuma satu :o. Begitu sampai ke tempat pelaksanaan acara rupanya sesi pertama sudah hampir selesai, kami terlambat. Wah... Sesi berikutnya dilaksanakan setelah isoma. Jam 12 kami isoma. Kami ke masjid dan wah... Masjidnya nggak sebesar masjid UPI. Tempat wudlunya paling cuma bisa dipake sama sepuluh orang. Wow.. Tapi... Tapi... Pikiran saya melayang, teringat masjid di UPI. Masjid di UNJ kecil, lowong, nggak penuh. Sama seperti masjid di UPI. Masjid yang besar tapi nggak pernah penuh. Wah.. Masjid di UPI itu terlalu besar menurut saya mah. Dari sekian banyak mahasiswa UPI ditambah karyawannya, nggak pernah bisa menuhin masjid di jam shalat. Jadinya... kalo ada jamaah yang ketinggalan ya mereka tersebar shalatnya, ada yang di dalam, di selasar lantai utama, dan di lantai bawah. Dan di setiap area itu pun jadinya nggak cuma satu jama'ah, bisa sampe tiga atau lebih. Coba kalo masjidnya kecil, pasti penuh.. XD.

Wow lagi. Sholat udah beres, balik lagi ke tempat acara. Sekarang saatnya dosen saya yang jadi pemateri. Begitu materi dimulai dan beliau menampilkan slidenya, waduh! Rupanya materi yang disampaikan nggak beda dengan materi kuliah. Kalo gini mah ngapain jauh-jauh ke Jakarta atuh? Selama pematerian berlangsung hingga acara selesai saya hanya memperhatikan sekedarnya. Hadeh.. Rupanya cuma gitu aja, kata saya dalam hati.



Selesai acara kami pun pulang, di perjalanan kami ngobrol ngalor ngidul ngaler ngetan. Sampe suatu momen pas temen saya nyeletuk "wah, akhirnya obsesi pak dosen tadi tercapai, dia bisa menyampaikan keinginannya kepada Indonesia" gitu katanya. WoW! Dari situ baru saya sadar. Walaupun pemikiran saya beda dengannya tapi dia bikin saya sadar. Kalo teman saya itu berpikir bahwa itu adalah obsesi pak dosen yth, saya berpikir bahwa itu cara beliau untuk menanamkan pelajaran kepada mahasiswanya. Agar mahasiswanya lebih mengerti  makanya hal yang sama diulang-ulang. Tadinya saya merasa rugi udah jauh-jauh datang ke Jakarta cuma buat ngikutin materi yang sama, tapi kemudian saya ngerasa beruntung karena bisa datang dan mendalami materi yang dianggap penting oleh dosen ybs. Makasih pak dosen saya jadi tahu UNJ, saya bisa mendalami materi, saya lebih paham, dan saya jadi tahu setidaknya saya berada di kampus yang benar. Alhamdulillah.
5 Jurnalnya Andre: Jakarta 6 Nov 2013 Wuaaaww.. UNJ. Hari ini saya lagi jadi orang asing dikampus orang lain. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta bro... Begitu turun dari mobil ...

2 comments:

  1. Kang Andre, tetap dengan jaket kebesarannya.
    Asdi

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh, ternyata ada komen di sini... :)
      iya dengan jaket saya walaupun sebenarnya jaket ini pas buat saya, nggak kebesaran.. ahhaha

      Delete

< >